Kebiasaan Yang Dapat Meminimalisir Kanker

Sahabat, kamu harus tau! Menurut World Health Organization, 30% kejadian kanker sebenarnya dapat dicegah, lho! Kanker yang disebabkan oleh gen atau keturunan hanya mencapai 5-10%, selebihnya kanker terjadi karena faktor lingkungan, infeksi, polusi dan gaya hidup. Ini berarti gaya hidup alias kebiasaan yang sehat dianggap mampu meminimalisir resiko timbulnya kanker. Yuk, mulai dari sekarang kita terapkan pola hidup sehat yang dapat meminimalisir kanker. Kamu bisa mulai dengan beberapa tips dari Femii ini, Sahabat. Check this out!

1. Banyak bergerak

Seorang ahli dari American Institute for Cancer Research (AICR) menyarankan kita untuk tetap aktif bergerak, Sahabat. Kamu bisa mulai dengan senam, jogging atau kegiatan olahraga lain yang kamu suka. Seminim-minimnya kamu harus bergerak 30 menit dalam sehari karena aktivitas ini dapat menurunkan resiko kanker usus, kanker payudara dan kanker endometrium, lho! Hayoo gimana? Kamu sudah menerapkan hal ini belum?

2. Menjaga pola makan sehat

Hal ini memang terlihat simpel dan sering diabaikan, Sahabat! Namun, efeknya signifikan banget. Orang yang jarang mengkonsumsi sayuran segar dan buah akan lebih rentan terkena penyakit kanker, terutama kanker otak. Meskipun kita nggak bisa prediksi kapan sel kanker itu tumbuh, tapi kebiasaan mengkonsumsi makanan sehat bisa mencegahnya, lho!

3. Jangan meletakkan HP di dekat kepala saat kamu tidur

Femii tau, kalau hal ini mungkin agak sulit untuk diimplementasikan karena hp seolah-olah nggak bisa dipisahkan dari kehidupan kita hihi, setuju kan? Apalagi sekarang apa-apa sudah tersedia di hp, wah makin membuat kamu nempel sama hp deh. Nah, hal inilah yang membuat kita secara nggak sadar membawa hp pada saat kita tidur. Tapi tenang, Sahabat! Niatkan dalam hati kalau kamu bisa jauh dari HP kamu saat kamu tidur. Dengan kebiasaan kecil ini, kamu dapat meminimalisir resiko terjadinya kanker otak.

4. Gunakan sunscreen

Ternyata orang yang sering menggunakan sunscreen terbukti dapat mengurangi resiko terjadinya kanker kulit, lho Sahabat! Penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan di Universitas Sydney mengatakan bahwa penggunaan sunscreen dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang dapat menyebabkan kerusakan sel kulit. Sinar UV dapat menembus lapisan kulit luar dan masuk ke dalam lapisan kulit yang lebih dalam lagi, sehingga dapat merusak atau membunuh sel-sel kulit. Jadi, gunakan sunscreen setiap hari ya, Sahabat! Jangan hanya dipakai saat berenang saja hihi tapi ingat, jangan digunakan berlebihan ya :D Gunakan hanya ketika kamu hendak berpergian di siang hari.

Nah, itu dia beberapa kebiasaan yang dapat meminimalisir terjadinya kanker, Sahabat! Mudah untuk diterapkan kan? Asal kamu mau niatkan dalam hati, kamu pasti bisa deh! Semua hal ini ujung-ujungnya adalah untuk kesehatan diri kamu sendiri, lho! Semangat! :D

 

 
    Share to Facebook Share to Twitter
 
OFFLINE