Bau Badan Hilang, Percaya Diri Maksimal

Menginjak masa remaja, bukan hanya bentuk fisik kita saja yang berubah, namun juga metabolisme dalam tubuh. Seperti misalnya, organ reproduksi kita sudah mulai berfungsi maksimal dengan datangnya menstruasi. Ada lagi lho, perubahan metabolisme tubuh yang terjadi saat menginjak dewasa, yakni produksi keringat yang lebih banyak.

Konsekuensi dari produksi keringat berlebih ini adalah potensi timbulnya bau badan yang tidak sedap. Selama ini, kita berpikir bahwa bau badan itu terjadi karena keringat padahal itu salah, Sahabat. Femii jelaskan deh kronologinya mengapa bisa terjadi bau badan.

Keringat diproduksi karena suhu tubuh kita naik. Agar tidak kepanasan dan suhu tubuh turun, tubuh mengeluarkan keringat. Keringat adalah cairan tubuh yang tidak berwarna dan tidak berbau lho! Keringat kita mengandung air, garam, minyak, dan protein. Kandungan dalam keringat kita tersebut adalah makanan yang lezat untuk jutaan bakteri yang hinggap di kulit kita. Tempat yang hangat dan lembab di bagian tubuh seperti ketiak dan selangkangan, adalah tempat favorit bakteri untuk berkembang biak. Setelah bakteri-bakteri itu mengolah keringat menjadi makanan, akan ada produk sampingannya yang membuat bau kecut atau tidak sedap seperti bau bawang, cuka, atau keju. Hal inilah yang menyebabkan timbulnya bau badan.

Bau badan ini memang tidak menimbulkan permasalahan kesehatan, namun bisa bikin percaya diri menurun. Kamu jadi nggak pede karena penampilan tidak prima. Begitu pun orang-orang di sekitar kita, pasti merasa nggak nyaman kalau badan kita mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Karena itu, pergaulan pun bisa mengalami masalah.

Berikut ini Femii kasih tips-tips buat kamu agar terhindar dari bau badan nggak sedap, Sahabat!

1. Perhatikan Asupan Makanan

Ada beberapa makanan yang dapat menimbulkan bau badan jika kamu memakannya terlalu banyak, seperti daging, bawang-bawangan, pete, jengkol, kubis, dan brokoli. Minum minuman beralkohol juga dapat membuat bau badan tak sedap, Sahabat. Karena itu, kamu harus perhatikan makanan dan minuman yang masuk dalam tubuhmu.

Tidak masalah memakannya karena makanan tersebut mengandung gizi yang baik untuk tubuh kamu. Namun, jangan makan terlalu banyak atau berlebihan.

2. Jaga Kebersihan Diri

Mandilah dua kali sehari dan pakailah deodorant yang tepat untuk kulit kamu. Jika mandi, bersihkan baik-baik daerah lipatan seperti ketiak, leher, selangkangan, di balik lutut, dan di sela-sela jari. Jangan lupa untuk mengganti bajumu saat sudah basah kena keringat ya.

Saat sedang haid, jangan lupa mengganti pembalut minimal 3 kali sehari. Daerah sekitar miss V akan sangat lembab dan bakteri penyebab bau juga hidup senang di sana.

Gantilah kaos kaki yang telah sekali dipakai. Untuk kaki yang berkeringat, bau kaki pun juga akan cepat hinggap.

3. Hindari Stress

Saat sedang stress, manusia mengeluarkan keringat berlebih. Karena itu, tak heran jika bakteri di tubuh berkembang biak berkali-kali lipat saat stress. Kamu harus menghindari stress berlebihan, Sahabat. Selain dapat mempengaruhi bau badan, stress berlebih juga dapat mengganggu siklus haid kamu.

4. Waspada Penyakit Tertentu

Jika sudah melakukan pencegahan sesuai tips sebelumnya, namun bau badan masih nggak sedap, bisa jadi ada potensi penyakit tertentu seperti misalnya diabetes. Segera periksakan diri ke dokter saat kamu mengalami hal ini ya, Sahabat.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan, apa saja penyebab bau badan tidak sedap. Perhatikan baik-baik ya, Sahabat agar kamu selalu aktif dan penampilanmu tetap oke serta percaya diri maksimal.

 

Stay Active, Sahabat! 

 
    Share to Facebook Share to Twitter
 
OFFLINE