Haid Pertama? Siapa Takut!

Hi Sahabat Femii !!

Jadi, kamu lagi antisipasi untuk "Haid Perdana" kamu nih? Eng ing eeeeng....DHUAR! :D

OK, intinya adalah, jangan panik dan jangan stress. You will be OK... asalkan sudah ada persiapan, kamu akan baik-baik saja. Jangan sungkan untuk tanya mama, kakak perempuan, tante atau bahkan Femii. Kalau memang dibicarakan dengan serius ini bukan topik yang bikin malu koq, karena memang penting supaya kita semua tahu.

Wanita biasanya mulai mengalami menstruasi di usia 10-16 tahun, bila memang sudah lebih dari usia itu, maka coba konsultasi ke dokter.

Persiapan pertama, yang praktis dulu, yaitu selalu sedia pembalut dan Feminax di tasmu. Dua itu adalah modal wajib kita deh! Jadi kalau di tengah jalan atau acara tiba-tiba miss V kita mengeluarkan wonder gel alias darah, langsung pakai pembalut. Di periode menstruasi gantilah pembalut setiap 4 jam sekali. Memang kemungkinan besar akan nyeri sedikit, tapi kalau nyerinya terasa berlebihan atau tak tertahankan langsung minum Feminax Nyeri haid supaya reda.

Kedua, ini sebetulnya cuma jaga-jaga saja, selama menstruasi miss V kita memang mengeluarkan darah dan cairan kental bening. Cairan bening itu semustinya tak berbau ataupun menyebabkan rasa gatal atau perih terbakar. Kalau mau tahu lebih tentang ini, alias keputihan, Femii juga ada artikelnya.

Ketiga, menstruasi bukan halangan dan bukan alasan untuk gagal eksis! Justru jika tetap beraktifitas maka pikiran akan teralihkan dari masalah haid, jadi ngga stress deh. Daripada mengurung diri di kamar dan tidur, lebih baik kamu pergi sama teman-teman, tetap hepi dan berusaha ramah walau mood mungkin naik turun.

Keempat dan terakhir, ini untuk mempersiapkan kita di jangka panjangnya. Logikanya, kalau badan kita fit, yah menstruasi ngga akan jadi masalah, stamina kuat dan rasa nyeri juga bisa berkurang. Nah, kalau menjaga kesehatan secara umum pasti kamu udah kebayang lah ya: olah raga teratur, pola makan sehat, tidur cukup. Tinggal kitanya disiplin ngga nih untuk rutin melakukan hal tersebut.

 

PS: untuk tips lebih banyak lagi, coba baca " Menstruasi Bukan Masalah Tapi..."

 

Stay active Sahabat Femii!!

Love,

Femii

 
    Share to Facebook Share to Twitter
 
OFFLINE